SIMULASI VISITASI PRODI ILMU HADIS FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM UIN RADEN FATAH PALEMBANG

14-10-20 nopran 0 comment

Fushpi Melesat – Dalam rangka persiapan visitasi akreditasi Program Studi Ilmu Hadis Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam UIN Raden Fatah Palembang, Fakultas megadakan simulai visitasi Program Studi Ilmu Hadis secara offline maupun online, bertempat di ruang rapat fakultas dan melalui aplikasi Zoom Cloud Meetings, hari Rabu 14 Oktober 2020.

Simulasi visitasi ini menghadirkan narasumber Asesor Nasional Bapak Dr. Ir. Dwi Setyawan, M.Sc dari Universitas Sriwijaya. Visitasi ini dihadiri Oleh Dekan, Wakil Dekan, Kaprodi dan Sekprodi, KTU dan Kasub, dosen di lingkungan Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam UIN Raden Fatah serta peserta dari akademisi luar fakultas lain maupun institusi diluar UIN Raden Fatah Palembang.

Dekan Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran UIN Raden Fatah Palembang, Prof. Dr. Ris’an Rusli dalam Sambutannya mengatakan kiranya simulai visitasi Program Ilmu Hadis ini bisa memberikan suntikan moril dalam mempersiapkan visitasi akreditas yang akan berlangsung nanti, bukan hanya untuk prodi Ilmu Hadis tapi juga seluruh Prodi yang ada dilingkungan Fakultas .

Dr. Ir. Dwi Setyawan, M.Sc, dalam kegiatan ini, memberikan tips-tips dalam mempersiapkan visitasi akreditasi, dengan membedah borang yang telah di siapkan oleh prodi.   ujarnya dalam visitasi  akreditasi harus benar-benar memperhatikan sembilan aspek penilain, yaitu: (1) visi, misi, dan strategi, (2) tata pamong dan tata kelola, (3) kemahasiswaan, (4) sumberdaya manusia, (5) manajemen keuangan dan sarpras, (6) pendidikan, (7) penelitian, (8) pengabdian masyarakat, dan (9) luaran dan capaian tridharma. Selain itu, akreditasi juga fokus pada analisis masalah dan strategi pengembangan yang dilakukan perguruan tinggi dalam mencapai visi dan misinya.

Semoga dengan kegiatan ini Program Studi Ilmu Hadis dan Program Studi yang lain dilingkungan Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam bisa memastikan bahwa bisa mendapatkan predikat akreditasi yang sesuai.



Leave a reply